Kamis, 21 Juni 2012

Strategi meningkatkan memori otak & kemampuan berfikir divergen


TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI KESEHATAN

1. STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI
2. MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR DIVERGEN
3. BEBERAPA PENGARUH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS INTELEKTUAL

1.  STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI
a)   Melatih dan meransang Otak
Terdapat beberapa cara dalam melatih dan meransang otak, antara lain:
■ Sering menggunakan dan melatih otak ( berpikir )
Semakin sering menggunakan dan melatih otak, maka semakin besar dan kuat kemampuan memori otak tersebut.
■ Rangsang Panca Indera
Otak memiliki 2 fungsi utama, yaitu sensorik dan motorik. Meningkatkan kemampuan otak bisa dilakukan dengan memberikan rangsangan pada indera. Seperti halnya ketika tubuh tiba-tiba merasa lapar setelah mencium bau masakan yang sedap, rangsangan yang diterima panca indera akan merangsang otak untuk beraktifitas.
Contoh lain, Aromaterapi secara efektif mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Begitu juga dengan musik yang bisa dinikmati ketika sedang santai. Pada indera pengecap, permen papermint dipercaya bisa meningkatkan memori otak sehingga bisa menerima informasi secara efektif.
Memanfaatkan kekuatan visualisasi (indera penglihatan) dapat mempengaruhi memori otak. Visualisasi membantu otak berpikir dalam gambar. Gambar yang baik akan mempercepat otak mencerna, dan memori otak pun dapat berjalan lebih baik. Contoh nya adalah warna dekorasi ruangan kantor yang cerah mampu mengurangi rasa kebosanan dan kelelahan.
■ Menjelajah Internet
Penelitian yang dilakukan di University of California - Los Angeles membuktikan bahwa menjelajah internet (surfing) bisa merangsang otak untuk bekerja maksimal dalam membuat keputusan dengan pertimbangan-pertimbangan yang kompleks. Dan Scan Otak yang dilakukan menunjukkan bahwa lebih banyak syaraf-syaraf otak yang aktif ketika kita menjelajah internet daripada membaca buku.
Internet adalah dunia tanpa batas dimana bisa mendapat lebih banyak informasi diluar pendidikan formal. Belum lagi, dalam internet terdapat banyak jenis permainan online asah otak yang bisa membuat otak menjadi lebih pintar. Semakin sering menjelajah internet, semakin sering pula otak bekerja.

■ Belajar Sesuatu Yang Baru
Sangat sedikit orang yang bisa memanfaatkan waktunya untuk belajar suatu pengetahuan dan ketrampilan diluar kepentingan pekerjaannya ataupun studinya. Belajar suatu bahasa asing, belajar membuat suatu kerajinan tangan, atau belajar sesuatu yang asing bagi kita sebelumnya bisa meningkatkan perkembangan otak, dan merangsang bagian-bagian otak yang sudah lama tidak digunakan ataupun belum pernah digunakan sebelumnya.
 ■   Bermain Game Sederhana
Penelitian yang dilakukan pada penderita Dementia, membuktikan bahwa permainan kata-kata dan teka-teki dapat meningkatkan bahkan memulihkan kemampuan mental dan kognitif mereka. Permainan sederhana tersebut merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak. Karena otak dilatih untuk merespon dan bekerja untuk memecahkan suatu masalah.
Jenis permainan yang terbaik untuk melatih kemampuan otak adalah permainan strategi, dimana dibutuhkan lebih banyak kerja otak secara konstan.
■ Seks (khusus yang sudah menikah)
Banyak efek yang terjadi pada tubuh selama berhubungan seks, dan sebagian besar terjadi pada otak. Tidak ada kegiatan yang melebihi seks yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan kognitif secara drastis. Aktifitas seks juga mampu memproduksi hormon yang secara dramatis meningkatkan fungsi otak. Salah satunya hormon Oxytocin yang diproduksi selama aktifitas seks, akan meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir jernih. Serotonin dan Dopamine yang diproduksi setelah aktifitas seks, membuat otak bisa berpikir kreatif dan tenang, dan mampu membuat keputusan yang logis. Dan aktifitas seks juga bisa membantu untuk memperoleh tidur yang nyenyak dan nyaman.
■ Bicara dengan tangan Anda.
Melambaikan tangan dan membuat gerakan isyarat ketika mencoba untuk mempelajari sebuah konsep dapat membantu otak mengingat sesuatu yang penting, kata Jeff Brown, PsyD, ABPP, salah satu penulis The Winner’s Brain. “Membuat gerakan dalam cara yang memiliki arti saat mempelajari sesuatu dapat membantu mengingat konsep,” katanya. “Ide yang disimpan setidaknya dua jenis informasi yang berbeda tentang sesuatu yang kita harus ingat kemudian. Contoh yang baik ini adalah ketika anak-anak membicarakan masalah matematika dengan suara keras, tapi juga mengerjakan matermatika itu di udara”. Taktik untuk dicoba: Bila baru saja mengetahui nama seseorang, “tulis” itu di atas telapak tangan dengan jari. Tindakan menelusuri huruf di telapak (secara diam-diam tentunya) dapat membantu otak mengingatnya. Jadi, menulis di udara di sini maksudnya menulis dengan jari anda bukan dengan pensil atau pena!
b)      Olahraga
Lebih dari 20% darah dan oksigen yang mengalir dalam tubuh manusia, dialirkan langsung dari jantung menuju otak. Olahraga, terutama latihan kardio (jantung), secara efektif akan meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu juga bisa dengan melakukan Yoga, karena bebrapa posisi yoga yang khusus untuk mempercepat aliran darah dari jantung meuju otak. Jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, hal sederhana seperti membuka jendela ruangan dan mendapatkan udara yang segar, bisa memberikan kesegaran pada otak.
c)    Cairan Tubuh yang cukup (Mengkonsumsi air putih)
 Otak manusia terdiri dari sekitar 80% air. Untuk itu, sangatlah penting untuk menjaga pasokan cairan yang masuk ke dalam tubuh Meminum air putih secara teratur akan menjaga kinerja otak. Selain itu meminum air putih, juga merupakan cara yang sangat sederhana untuk menyegarkan otot dan otak.
Mengurangi atau berhenti total mengkonsumi minuman beralkohol, karena minum minuman beralkohol secara berlebihan akan mengurangi fungsi memori manusia. Untuk meningkatkan memori sebenarnya tidak perlu untuk berhenti minum sama sekali tetapi untuk meningkatkan kesehatan tubuh alangkah lebih lebih baik jika terbebas dari minuman beralkohol sepenuhnya.
Dalam keadaan yang melelahkan dan butuh minuman penyegar, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein. Memang, kafein yang terdapat pada kopi maupun minuman bersoda, dalam waktu singkat mampu memberikan kesegaran pada otak. Tetapi dalam jangka waktu yang panjang, membuat tubuh merasa lebih lelah karena terjadi dehidrasi pada otot dan penyempitan pembuluh darah. Dalam jumlah yang besar, kafein akan memberikan masalah pada sistem pencernaan, karena kafein merangsang kontraksi pada usus.
d)     Tidur
Ketika dipaksa berfikir disaat otak lelah, maka kinerja otak tidak akan maksimal.  Istirahat saja tidak cukup efektif untuk menjadikan otak kembali fresh, yang dibutuhkan otak adalah tidur.
Tidur yang cukup dapat memperbaiki kinerja otak. Tidur membuat otak mampu mengingat detail lebih baik dibandingkan disaat harus bekerja tanpa henti selama lebih dari 15 jam. Tidur yang cukup adalah selama 7-8 jam, tidak boleh kurang dari 6-7 jam perhari. Jika merasa tidur malam tidak cukup, cobalah untuk ditambah dengan tidur siang.
Permasalahan lain timbul ketika seseorang mempunyai kendala susah tidur, beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini diantaranya, membaca buku ketika akan tidur, dan pastikan bacaan tersebut adalah cerita fiksi. Karena jika membaca buku non-fiksi atau ilmu pengetahuan, akan membuat otak berpikir dan semakin susah untuk tidur.
e)      Makan makanan bergizi
Untuk meningkatkan kemampuan otak anda, juga dibutuhkan nutrisi untuk otak. Sumber utama nutrisi untuk otak adalah protein. Tetapi tidak secara otomatis protein bisa meningkatkan kemampuan otak, tanpa bantuan dari beberapa vitamin dan mineral penting. Misalnya Vitamin A, untuk melindungi membran otak. Vitamin B, penting untuk vitalitas dan pertumbuhan neuron. Vitamin C, sangat penting untuk peningkatan fungsi otak. Vitamin E, untuk mencegah kemunduran fungsi otak. Magnesium, untuk menjaga kelangsungan proses metabolisme neuron. Zinc, berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Dan Asam Amino, diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan neurotransmitter.
Sebisa mungkin hindari suplemen untuk nutrisi otak, karena dengan mengkonsumsi banyak suplemen justru bisa merugikan. Sebaiknya nutrisi untuk otak berasal dari makanan sehari-hari. Dan jika kondisi fisik yang mengharuskan mengkonsumsi suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Terdapat beberapa hal lain mengenai hubungan mengonsumsi makanan dengan kemampuan memori otak, antara lain:
■ Sarapan Pagi
Sarapan sehat menyediakan zat-zat penting untuk otak. Jangan pernah memulai hari tanpa sarapan karena itu bisa mempengaruhi kekuatan otak. Jika metabolisme menurun sejak pagi hari, tubuh akan merasa lelah sepanjang hari, bahkan setelah makan siang.
■ Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran.
Memakan lebih banyak buah-buahan dan sayuran akan meningkatkan kinerja otak. Makan bayam, wortel dan kacang polong tidak hanya baik untuk tubuh, baik untuk memori juga. Sebuah studi oleh Harvard baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran memiliki penurunan fungsi otak lebih lambat ketika mereka tua. Studi-studi lain, salah satunya diterbitkan Pharmacology, telah menunjukkan bahwa nutrisi otak penting untuk meningkatkan produksi hormon tertentu, seperti quercetin dan antosianin, yang dapat mengembalikan kehilangan memori,” ujar Tosca Reno, seorang ahli kesehatan dan kebugaran serta penulis buku terlaris The Eat-Clean Diet. Bahwa ditemukan senyawa-senyawa dalam sayuran, seperti kubis dan brokoli, serta sayuran hijau, termasuk kale, bayam dan lobak Swiss. Juga bahan warna-warni seperti berry, apel merah, terung dan anggur, warna cerah mereka merupakan indikasi dari otak mereka mendorong antioksidan.
■ Mengkonsumsi minyak ikan.
Para ahli gizi menyarankan untuk sering mengkonsumsi minyak ikan karena minyak ikan bisa membuat otak jadi cerdas. Karena minyak ikan banyak mengandung Omega-3 Fatty Acids Eicosapentaenoic Acid (EPA), dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang berguna untuk menjaga tingkat dopamine di otak tetap tinggi, meningkatkan pertumbuhan neuron di korteks, dan meningkatkan sirkulasi otak. Dengan kata lain, Fatty Acids membuat kerja otak menjadi efisien.
Tetapi juga perlu diketahui bahwa mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang besar, meningkatkan resiko untuk keracunan mercury
■ Obat Alami
Asia, termasuk Indonesia terkenal dengan pengobatan alami-nya. Terdapat banyak macam obat-obatan alami yang sudah diteliti terbukti berkhasiat sebagai pemacu kerja otak dan otot, dan yang paling terkenal adalah Ginkgo Biloba dan Ginseng. Bahkan obat medis tidak memiliki efek yang lebih kuat dari Ginkgo, seperti meningkatkan sirkulasi darah otak, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Sedangkan Ginseng yang dianggap sebagai ikon obat Asia, mempunyai efek neurologis yang sangat kuat. Selain mampu mengembalikan dan meningkatkan energi tubuh, Ginseng mampu membantu otak beradaptasi dengan agen stress dengan cara meningkatkan produksi hormon adrenalin. Efeknya, menetralisir penyebab stress yang mempengaruhi otak, dan menghilangkan gejala stress utama yaitu rasa gelisah.
f)       Relax
Belajar untuk tenang dan tidak melakukannya seperti orang yang sangat stres dapat membantu otak dengan cara yang signifikan, kata Elizabeth Lombardo, PhD, PT, seorang psikolog dan ahli terapi fisik di Wexford, Pennsylvania, dan penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness. “Tips terbaik untuk meningkatkan memori adalah: Mengurangi stres,” kata Dr Lombardo. “Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang mengalami stres kronis, hipokampus mereka – bagian dari otak yang bertanggung jawab atas beberapa kenangan – secara harfiah menyusut ukurannya.” Pada kenyataannya, sebuah studi tahun 2007 dalam jurnal Neurology oleh para peneliti di Rush University Medical School menemukan bahwa orang yang mudah tertekan dan ber-emosi negatif memiliki kemungkin lebih besar terkena masalah kemampuan mengingat dibandingkan dengan orang yang lebih santai.
Dalam hidup ini kita tidak mungkin bisa menghindari stress, tapi kita bisa menghadapi stress tersebut. Yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk menghilangkan pengaruh stress terhadap kehidupan dan pekerjaan. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat bahagia, bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Cara lain yang bisa dilakukan ketika kita sedang stress yaitu dengan berlatih teknik relaksasi seperti yoga, mandi air hangat, atau pijat relaksasi.
g)        Manfaatkan karakter Otak
Otak mempunyai beberapa karakteristik yang bisa digunakan untuk memudahkan mengingat sesuatu. Cara ini memanfaatkan hasil penelitian para ahli tentang otak. Menurut hasil penelitian terungkap bahwa otak sangat menyukai hal yang bersifat :
1.      Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
2.      Seksi
3.      Penuh warna
4.      Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca indera)
5.      Lucu
6.      Melibatkan emosi
7.      Melibatkan irama atau musik
8.      Tindakan Aktif
9.      Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif
10.  Menggunakan asosiasi
11.  Imajinasi
12.  Simbol
13.  Nomor dan urutan
Jadi gunakanlah beberapa karakter diatas dalam mengingat sesuatu, contohnya: mengingat sesuatu menggunakan bantuan gambar ataupun jembatan keledai. Yang terpenting dalam proses mengingat sesuatu adalah relax dan konsentrasi.
  

2. MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR DIVERGEN
Berpikir divergen tak lain adalah sebuah metode berpikir. Seperti halnya dengan metode-metode berpikir lainnya. Berpikir divergen bertujuan mencari jawaban, yang menjadikan metode ini istimewa adalah bahwa berpikir divergen mempunyai beraneka ragam jawaban.
Proses berpikir divergen merupakan proses berpikir yang paling mudah muncul pada seseorang yang tidak terlalu memperhatikan baik-buruknya suatu nilai (acak-abstrak) sehingga dapat dengan mudah melompat dari satu ide ke yang lain. Atau dengan kata lain gambaran berpikir divergen adalah melingkar-lingkar seperti cakar ayam (squiggle).
Proses melahirkan ide dengan cara berpikir divergen berarti membiarkan pikiran kita untuk bergerak ke mana-mana secara simultan. Kita dituntut untuk mengeluarkan apa pun yang muncul di otak kita. Munculnya satu ide akan dapat memicu timbulnya ide yang lain. Sebanyak dan sejelek apapun ide yang muncul tetap kita tampung, dan alangkah lebih baiknya ditulis di atas kertas atau dicatat di laptop pada file tersendiri, dan juga bisa ditulis di bagian pesan tersimpan di handphone. Dengan demikian, ide tersebut tidak menguap, sehingga masih dapat diingat dan dapat dikembangkan.
Cara Melatih Kemampuan Berpikir Divergen yaitu:
a.   Berpikir positif
Semakin positif cara berpikir, maka akan membuat kita semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Sehingga akan muncul ide-ide baru dalam mencari solusi segala permasalahan.
b.    Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya.
Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasan informasi. Contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat.
Selain itu, ketika melahirkan sebuah ide, dituntut untuk mampu melihat dunia di sekeliling kita secara menyeluruh. Dengan langkah inilah proses kreatif dalam berpikir semakin tajam sehingga ide yang dimunculkan pun semakin bervariatif.
c.       Menghilangkan penilaian.
Karena jika penilaian masih menghantui kita, maka akan sulit untuk dapat menjalankan proses berpikir divergen secara efektif.
d.        Selalu bertanya
Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yg berbeda. Misalnya bisnis yang sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? Dengan semakin banyak pertanyaan yg dapat dibuat, maka kita akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.
e.       Hilangkan cara berpikir konservatif.
Sulit rasanya, membuat sebuah perubahan, dimana orang-orang yang ada didalamnya berpikir konservatif, berpikir dengan kekhawatiran menerima perubahan (walaupun perubahan itu menguntungkan tapi tetap ditanggapi dengan dingin/dianggap ancaman). Orang-orang yang berpikir konservatif, biasanya sudah nyaman dengan kondisi yang ada. Kenyamanan tersebut yang membuat sulit orang-orang ini untuk berpikir ataupun menerima pemikiran yang lebih terbuka ataupun out of the box. Hal ini membuat proses berpikir divergen menjadi terhambat.
f.       Catat ide-ide yang ada
Jangan biarkan satupun ide yang muncul lewat begitu saja, betapapun kita merasa ide itu tidak terlalu istimewa. Segera catat ide di ponsel, notes, atau apapun yg bisa ditulis di dekat kita begitu terpikirkan. Seringkali ide-ide brilian muncul sesaat sebelum atau sesudah tidur. Luangkan waktu khusus di pagi hari, untuk mengumpulkan ide-ide tersebut.


3. BEBERAPA PENGARUH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS INTELEKTUAL
Faktor yang mempengaruhi intelegensi antara lain sebagai berikut:
a.       Faktor Bawaan
Dimana faktor ini ditentukan oleh sifat yang dibawa sejak lahir. Batas kesanggupan atau kecakapan seseorang dalam memecahkan masalah, antara lain ditentukan oleh faktor bawaan. Oleh karena itu, di dalam satu kelas dapat dijumpai anak yang bodoh, agak pintar. Dan pintar sekali, meskipun mereka menerima pelajaran dan pelatihan yang sama.
b.      Faktor Minat dan Pembawaan yang Khas
Dimana minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu. Dalam diri manusia terdapat dorongan atau motif yang mendorong manusia untuk berinteraksi dengan dunia luar,sehingga apa yang diminati oleh manusia dapat memberikan dorongan untuk berbuat lebih giat dan lebih baik.
c.       Faktor Pembentukan
Dimana pembentukan adalah segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan intelegensi. Di sini dapat dibedakan antara pembentukan yang direncanakan, seperti dilakukan di sekolah atau pembentukan yang tidak direncanakan, misalnya pengaruh alam sekitarnya.
d.      Faktor Kematangan
Dimana tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Setiap organ manusia baik fisik mauapun psikis, dapat dikatakan telah matang, jika ia telah tumbuh atau berkembang hingga mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya masing-masing.
Oleh karena itu, tidak diherankan bila anak anak belum mampu mengerjakan atau memecahkan soal soal matematika di kelas empat sekolah dasar, karena soal soal itu masih terlampau sukar bagi anak. Organ tubuhnya dan fungsi jiwanya masih belum matang untuk menyelesaikan soal tersebut dan kematangan berhubungan erat dengan faktor umur.
e.       Faktor Kebebasan
Hal ini berarti manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Di samping kebebasan memilih metode, juga bebas dalam memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.
Kelima faktor diatas saling mempengaruhi dan saling terkait satu dengan yang lainnya. Jadi, untuk menentukan kecerdasan seseorang, tidak dapat hanya berpedoman atau berpatokan kepada salah satu faktor saja.
Pengalaman yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan intelegensi yaitu:
a.       Pengalaman Pendidikan
Anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan formal dalam jangka waktu yang lama akan mengalami penurunan IQ. Hal ini berdasarkan hasil studi terhadap anak-anak di Afrika Selatan yang mengalami penundaan bersekolah selama empat tahun menemukan adanya penurunan IQ sebesar lima poin pada setiap tahun penundaan.
Seorang peneliti dari Universitas Colombia Prof. Irving Lorge (1945) mengungkapkan bahwa IQ seseorang berhubungan dengan tingkat pendidikannya. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin tinggi pula skor IQ-nya.
b.      Pengalaman menjadi pemimpin.
Orang yang pernah menjadi pemimpin cenderung mempunyai intelegensi yang tinggi karena dimasa jabatannya pasti muncul berbagai masalah yang harus dicari solusinya. Dengan terbiasanya seseorang mencari solusi untuk masalahnya sendiri maka akan berdampak baik pada perkembangan intelegensi seseorang karena dia akan menjadi lebih kreatif untuk menghadapi masalah-masalah kedepannya.
c.       Pengalaman Masa Kecil
Anak-anak yang mempunyai pengalaman masa kecil yang menyenangkan mempunyai skor IQ lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang masa kecilnya tidak menyenangkan. Pengalaman yang menyenangkan tersebut contohnya seing berkomunikasi dengan orang tua, tidak mendapatkan tekanan batin tertentu. Anak yang lebih sering berkomunikasi dengan orang tuanya mempunyai skor IQ yang lebih tinggi. Anak yang masa kecilnya sudah mendapat tekanan maka akan menghambatnya untuk melakukan aktivitas, karena dia takut kalau sesuatu yang baru dia lakukan akan memberikan dampak buruk pada dirinya seperti yang pernah ia alami semasa kecilnya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar